E-commerce
merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct
selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat
menyediakan layanan "get and deliver". E-commerce akan merubah semua
kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan
trading (perdagangan).
Proses yang ada dalam E-commerce adalah sebagai berikut :
- Presentasi electronis (Pembuatan Web site) untuk produk dan layanan.
- Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
- Otomasi account Pelanggan secara aman (baik nomor rekening maupun nomor Kartu Kredit).
- Pembayaran yang dilakukan secara Langsung (online) dan penanganan transaksi
Jenis-jenis e-commerce
Berikut adalah aktivitas-aktivitas bisnis secara online untuk produk dan jasa:
- Bussiness to Consumer (B2C)
Kelompok ini disebut juga transaksi pasar. Pada
transaksi pasar, konsumen mempelajari produk yang ditawarkan melalui
publikasi elektronik, membelinya dengan
electronic cash, dan system
secure payment, kemudian diminta agar barang dikirimkan. Secara
ringkas jenis ini merupakan
e-commerce yang melibatkan konsumen dengan merchant-nya secara langsung.
- Bussiness to Bussiness (B2B)
Kelompok ini juga disebut dengan
transaksi antar perusahaan. Perusahaan, pemerintah, dan organisasi lainnya
bergantung pada komunikasi antar komputer sebagai sarana bisnis yang cepat, ekonomis,
dan dapat diandalkan. Perusahaan kecil saat ini sudah mulai tretarik dengan
keuntungan yang diperoleh menggunakan B2B ini. Transaksi pada B2B yang menggunakan EDI dan e-mail
untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi. Selain itu juga digunakan untuk pengirirman
dan permintaan proposal bisnis.
- Custumer to Bussiness (C2B)
Yang termasuk dalam kategori ini adalah
perseorangan yang menjual produk atau layanan ke organisasi, dan perseorangan
yang mencari penjual, berinteraksi dengan mereka dan sepakat untuk suatu
transaksi.
- Costumer to Customer (C2C)
Seorang konsumen menjual barang langsung dengan
konsumen lainnya.
- Non bussiness e-commerce
Lembaga- lembaga non-bisnis seperti lembaga akademis,
organisasi keagamaan, sosial, dan
lembaga pemerintahan yang menggunakan berbagai tipe e-commerce untuk mengurangi
biaya / untuk meningkatkan operasi dan layanan publik.
Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi
melalui E-commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut :
- Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
- Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
- Mengurangi keterlambatan dengan mengunakan transfer elektronik / pembayar yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
- Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
Sumber:
s
Tidak ada komentar:
Posting Komentar